Sekadar ingin tahu, apakah filem terbaik yang pernah andatonton? Sudahkah anda menonton filem bergenre aksi, “Merantau Warrior”, sebuah filem aksi dari seberang yang menceritakan perjalanan seorang anak muda Minang yang merantau ke Jakarta, yang juga seorang pesilat.
Bagi saya, itu merupakan salah satu filem aksi yang terbaik yang pernah saya tonton setakat ini.
Filem tersebut diarahkan oleh seorang pengarah berbangsa asing, G.H .Evans tetapi diproduki di Indonesia
Saya sudah menonton filem tersebut kira2 setahun yang lalu
Malangnya, belum ada filem dengan kualiti sebegitu yang muncul dari kalangan pengarah/pelakon di negara ini.
Baru2 ini, saya berkempatan menonton filem hasil garapan KRU studios, “Hikayat Merong Mahawangsa” (HMM)
Saya tidaklah menonton filem terbabit secara keseluruhan, sekadar melangkau-langkau dari babak ke babakyang saya rasakan menarik
Dari awal lagi saya sebenarnya kurang berminat untuk menonton filem tersebut disebabkan sikap saya yang agak skeptikal terhadap filem2 yang dihasilkan oleh seniman tempatan kebelakangan ini walaupun filem HMM merupakan antara filem pelopor yang menggunakan teknologi computer-generated image (CGI) untuk hampir setiap babaknya
Ia bolehlah dianggap canggih dan hebat untuk sebuah filem yang dihasilkan oleh anak tempatan.
Filem HMM tersebut ada kelainan berbanding kebanyakan filem yang ada sekarang yang kebanyakannya menonjolkan genre seram komedi di mana pada pandangan beberapa pihak, filem2 sebeginilah (genre seram komedi) yang mempunyai tarikan yang kuat bagi penonton untuk datang menyaksikan filem2 terbabit di pawagam sehingga dapat menghasilkan kutipan mencecah jutaan ringgit.
Namun, beberapa hari yang lalu saya mengunjungi sebuah laman sesawang, amazon.com untuk melihat rating serta kritikan yang diberikan para pelayar laman berkenaan yang saya yakin telah pun menyaksikan filem HMM
Filem “Merantau Warrior” juga saya jadikan sebagai perbandingan yang saya kira relevan disebabkan kedua2 filem berkenaan termasuk dalam genre aksi
Ternyata dari segi kritikan serta rating (yang diwakili jumlah bintang;jumlah bintang penuh adalah 5), ternyata filem “Merantau Warrior” jauh meninggalkan filem HMM di mana filem “Merantau Warrior” secara keseluruhannya mendapat 4/5 bintang disertai kritikan2 yang rata2nya bersifat pujian/positif
Manakala filem HMM yang disifatkan sangat “gah” di negara ini disebabkan penonjolan CGI-nya ternyata hanya mendapat 1.5/5 bintang disertai kritikan2 yang hampir kesemuanya bersifat negatif
Di mana kesemua pemberi komen/pengkritik terdiri dari mereka yang tinggal di luar Malaysia atau dengan kata lain, masyarakat luar negara
Terus terang, saya sebenarnya tidak terlalu sedih dan terkejut apabila mengetahui “kejayaan” filem HMM di bandingkan filem kejayaan “Merantau Warrior”
Hakikatnya, pada pandangan saya sendiri, filem “Merantau Warrior” jauh lebih baik dari segi semua aspek (cerita, sinematografi, koreografi..dll)
Malah, tidak keterlaluan jika dikatakan filem “Merantau Warrior” bukan tandingan untuk HMM
Bagi saya, kebanyakan penonton di luar negara adalah lebih bijak serta kritikal dalam melakukan penilaian/kritik terhadap sesuatu, dalam hal ini berkaitan dengan kualiti sebuah filem
Saya ada mendengar bahawa saudara Yusri KRU yang merupakan pengarah filem HMM akan berusaha untuk membawa filem tersebut ke anugerah Oscar/Academy untuk dipertandingkan dalam kategori filem asing terbaik
Namun, melihat “kejayaan” filem tersebut seperti yang saya tulis di atas tadi, mungkin sebaiknya beliau membekukan sahaja niat tersebut
Sebaiknya apa yang perlu beliau (atau pengarah2 lain) lakukan adalah berusaha untuk menghasilkan filem2 yang lebih berkualiti yang mampu bersaing di pentas antarabangsa
Bukan hanya sekadar menjadi filem yang berjaya memecahkan rekod kutipan panggung tempatandengan jutaan ringgit tapi rendah mutu seninya
Bukan sekadar menghasilkan filem yang boleh saya sifatkan sebagai syok sendiri serta hanya menjadi jaguh di kampung
Pada masa yang sama, timbul pertanyaan, apakah benar penonton kita pada hari ini sudah semakin bijak seperti yang diperkatakan oleh sesetengah pihak (saya sering dengar ayat ini keluar dari mulut artis2 kita)?
Saya sendiri tidak berapa pasti…
Dan bilakah kali terakhir saya menonton sebuah filem tempatan yang sungguh memberi inspirasi?(ala2 Shawshank Redemption)
Bila?..bila?...rasanya tak pernah ada sekalipun!
Sedihnya!
=(
#saya hanya seorang pemuda yang bukan terlibat dalam dunia seni tanah air, sekadar mengambil tahu serta melontarkan pandangan mengenai apa yang berlaku di dalamnya berdasarkan ilmu yang tidak seberapa
Status yang aku maksudkan di atas bukan status peribadi seperti masih bujang or sudah kahwin/janda/duda seperti yang kita selalu fikir
Tapi yang aku maksudkan adalah;
Status2 yang ditulis oleh orang awam dalam mana2 jaringan sosial di alam maya, termasuklah facebook, friendster, myspace (aku belum pernah ada akaun or lihat akaun myspace), twitter (ni pun belum ada), yahoo messenger (YM) dan lain2
Dalam bab ni aku lebih suka bercakap mengenai status yang selalu ditulis di wall facebook oleh orang awam, dalam bab ni, status facebook aku dan kawan2 aku
Baru2 ni, aku ada pergi ke CC untuk online
Banyak website yang aku akan selalu masuk tiap kali online, cthnya; goal.com, mistisfiles.blogspot.com, militaryofmalaysia.net, keretamayat.blogspot.com dan banyak lagi dan sudah pasti tak dilupakan; FACEBOOK!
Itu perkara wajib yang akan aku lakukan hampir tiap kali aku online (sejak aku ada akaun facebook tu!..;-p)
Cuma baru2 ni, bila aku masuk facebook dan aku perhatikan balik status2 yang pernah aku tulis dulu dan sekarang, banyak benar yang aku rasa x penting untuk di”paparkan” kat wall facebook aku tu
Malah, kadang2 rasa malu jugak sebab kadang2 terselit jugak aib2 tentang diri sendiri or orang lain yang sama ada secara sedar mahupun x sedar or tersurat mahupun tersirat, aku tulis sendiri kat wall facebook aku tu
Rasa macam bodoh kat diri sendiri!....:-(
………………………………………………………………………………………………………………
Bila kita kecewa atau marah atau senang kata mood tengah x baik, kita selalunya akan tulis status yang berbau negatif
Sama jugaklah bila kita dalam mood yang gembira, kita cenderung tulis status yang berbau positif
Dan mungkin bagi kita rasanya tindakan tersebut dapat membuatkan kita berasa seolah2 sedikit sebanyak dapat mengurangkan beban (terutamanya berkaitan perkara2 negatif) yang tersimpan dalam benak kepala kita setelah kita melepaskannya melalui penulisan dalam status di wall facebook kita tu
Cuma kadang2, dalam tindakan kita tu, kita bertindak (menulis or melepaskannya) secara berlebihan
Syok sendiri!
Kita boleh “post”kan apa2 saja kat wall facebook kita
X salah pun….
Tapi kan,
Jika status yang kita tulis tu disampaikan secara berlebihan, rasanya itu tindakan yang kurang bijak
Yang kadang2 aku rasa boleh menunjukkan kematangan diri kita berada di tahap mana
Mungkin bagi setiap orang punya pandangan yang agak subjektif tentang perkara kematangan ni
Dalam hal status facebook ni, mungkin garis sempadan antara matang or x matang adalah sangat halussehingga agak sukar untuk dinilai (subjektif bagi setiap individu)
Tapi bagi aku, orang yang matang or orang yang cerdik ni salah satu sifat yang aku nampak adalah mereka akan menyampaikan sesuatu jika menurut mereka perkara itu MEMANG PENTING/SANGAT PENTINGuntuk disampaikan,
Dan,
Jika perlu disampaikan pun,mereka akan MENYAMPAIKAN SECARA RINGKAS yang mampu atau dengan kata lain, secara SEDERHANA
Malah, mungkin lebih baikjika TAK PERLU DISAMPAIKAN LANGSUNG (via status facebook tersebut)
Sebab x semua orang perlu tahu tentang perkara tersebut (untuk sesetengah perkara)
Atau dengan kata lain, mereka x perlu melakukan hal yang sia2 @ bodoh…
Atau, (berapa banyak atau laa..??)
Mereka sama sekali x perlukan akaun facebook tersebut
Wajib ke kena ada facebook??
Haram ke kalau x ada akaun facebook?
Haha…
Sepengetahuan aku yang jahil ni, hukum mempunyai akaun facebook x wajib dan x haram pun
Cuma bagaimana kita menggunakannya akan menentukan sama ada pahala atau dosa yang akan kita dapatkan..;-)
Kadang2, kita terlalu berlebihan dalam menceritakan nikmat yang kita dapat sehingga menimbulkan rasa cemburu di kalangan kawan2 kita kerana mereka x dapat berkongsi kenikmatan tersebut dengan kita
Kadang2 jugak, kita terlalu berlebihan dalam menceritakan malapetaka atau duka atau masalah yang kita hadapi dengan cara yang berlebihan di mana kadang2 kita melakukan tindakan tersebut semata2 untuk meraih simpati dengan harapan akan ada beberapa kawan kita menghulurkan bantuan atau ingin mendengarkan lebih lanjut tentang kisah sedih/masalah kita tu
Malah kadang2 jugak, kita suka meletakkan status yang menceritakan perbuatan buruk orang lain terhadap diri kita sehingga membuka aib/malu orang tersebut
Ditambah jika kita menceritakannya secara berlebih2an
Apatah lagi jika kita menggunakan kata2 yang kurang elok atau lebih buruk lagi, kata2 kesat dalam menceritakan aib seseorang tu
SESUNGGUHNYA TINDAKAN2 TERSEBUT SANGATLAH TIDAK BAIK…TIDAK BIJAK..dan TIDAK MATANG!
Tambah dosa saja!
Jadi, bersikap sederhanalah dan tulislah apa yang kita rasakan (sangat) penting untuk disampaikan ke orang lain mahupun buat diri sendiri dalam wall facebook kita tu
Lebih baik lagi, status2 yang disampaikan tu dapat memberikan kesan positif/kesedaran terhadap orang lain (kata2 hikmah, motivasi…dll)
# lalu aku pun membuang semua status yang aku tulis dalam facebook aku tu (lama dan baru) sehingga yang ada hanyalah status2 orang lain yang disampaikan ke dalam wall facebook aku (contohnya ucapan selamat hari jadi..;-p) serta notifications yang aku anggap x penting pun untuk aku padam (sebenarnya malas nak padam, banyak sangat,..hehe..;-p)
# aku dah berjanji dengan dengan diri aku sendiri, aku akan seboleh2nya tidak akan mem”post”kan status2 bodoh atau status sia2 lagi pasni….kalau boleh, lebih baik xyah post apa2..;-)
# kalau nak post status jugak, “post”kan kat wall orang lain…..hehehe…;-p
# aku juga ada membuang beberapa orang rakan dari facebooksebab bermasalah dengan status facebook mereka….;-)
Pernah x dengar istilah “sms bodoh” atau “sms sia2”?
Actually aku sendri pun belum pernah dengar istilah tu…
Istilah tu aku reka sendiri…;-p (kalau dah ada sebelum ni, aku minta maaf)
Istilah tu terhasil daripada pemerhatian serta pengalaman aku sendiri yang ada hp dan sering ber-sms-an dengan orang lain terutamanya kawan2 dan ada di antara sms aku tu rasanya sms yang x penting sangat pun malah sangat tidak diperlukan…
Aku tidak merujuk sms kawan2 aku @ orang lain kepada aku tetapi merujuk sms yang aku sendiri hantar kepada mereka yang boleh aku definisikan sebagai “sms sia2” or “sms bodoh”
Rasa2nya dan seingat aku belum ada lagi sms-sms yang boleh aku katakan sia2 yang dihantar oleh orang lain terutamanya kawan2 aku kepada aku sejak aku pulang dari Indonesia ni
“Sms sia2” boleh menyebabkan seseorang yang menerima sms tersebut merasa….well, apa yang aku boleh katakan kadang2 menyebabkan sakit hati or mau naik meradang/menyampah bila sms tersebut dihantar ke kita lebih2 lagi pada waktu yang tidak kena/tepat…cthnya; ketika sibuk dengan kerja/tugasan, ada pulak sms yang masuk ke hp kita di mana setelah kita berusaha dan cuba untuk meluangkan waktu untuk melihat sms tersebut tetapi malangnya pada akhirnya kita mendapati sms tersebut sangat sia2…buang kredit jer kalau nak balas balik
Tak ada yang penting pun…
Buang masa…
Buang tenaga…
Buang kredit jer…
Dalam hati kita pun kadang2 mengata….(contoh2):
“…sepatutnya hang dah tau waktu ni aku tengah kerja kalut kerja, banyak benda nak kena urus….yang hang pi hantaq sms macam ni buat apa?..buang masa aku ja nak reply sms hang ni..”…
“..aahh, malas aku nak layan..”
Actually, itulah yang aku fikirkan yang mungkin tengah difikirkan kawan2 aku setiap kali aku merasa aku menghantar sms yang aku anggap sia2 atau bodoh kepada mereka
Fikiran aku tentang sms2 aku yang dihantar kepada mereka aku akan anggap bodoh atau sia2 jika sms2 yang aku kirim tu setelah beberapa lama tidak berbalas
So, istilah “sms bodoh” atau “sms sia2” ni muncul beberapa lama setelah sms2 aku tidak dibalas oleh mereka
Waktu awal2 aku hantar sms tu, niat aku hanyalah untuk suka2 atau untuk mengisi kebosanan yang melanda diri sendiri, tak kisah la di pagi hari,tengah hari, petang atau malam…
Tapi setelah beberapa lama sms2 aku yang dihantar tu x berbalas, akumula terfikir apakah relevannya untuk aku mengirim sms tadi ke kawan aku, contohnya si A tadi? Rasa macam x penting pun…malah mungkin mengganggu kerja dia tengah buat waktu tu rasanya..
Lalu di situ aku mula timbul rasa bersalah dalam diri sendiri…rasa menyesal
Oklah, pas ni aku dah x nak hantar sms2 sia2 atau sms bodoh lagi…
Lagipun dengan tekad aku tu, boleh la save sikit kredit hp dan boleh guna untuk sms2 yang urgent ja
………………………
……………….
……………
……….
tapi tekad aku tu selalunya jarang bertahan lama…sebab x berapa lama kemudian aku selalu jugak “ter”kirim sms2 bodoh or sia2 ke kawan2 aku…=(
Ok, aku janji pas ni aku dah x mau kirim sms bodoh lagi dah….insyaAllah
Lebih2 lagi aku dah tulis artikel “sms bodoh” ni untuk blog aku..:-)…dan untuk aku jugak..hehe..;-p
Harap2 pasni dah xde lagi “sms bodoh “or “sms sia2” dari aku kepada kawan2 aku
I’m sorry buddy….ipromise I won’t do it again!
insyaAllah…
# sms bodoh atau sia2 rasanya tidak berlaku untuk pasangan yang sedang berkasih @ ber”kapel” atau untuk pasangan suami isteri, kerana selalunya benda2 macam ni boleh mengeratkan hubungan serta kemesraan malah menunjukkan betapa seseorang itu kiranya selalu ambil berat terhadap si buah hatinya..,lebih2 lagi untuk pasangan yang sedang ber”kapel”
“…x lengkap rasanya hariku tanpa ada sms dariku untukmu, sayang…”..=p
p/s: aku sedang tidak berkapel apatah sedang berumahtangga….hanya cakap melalui pengalaman…hehe…
Dua puluh tahun yang lalu, aku mengenalnya di sini. Kami berenang bersama, berangkat sekolah bersama. Setiap pagi, aku menunggunya menyeberangi muara dengan sampan. Muara itu memisahkan kota dan tempat ia tinggal, di kaki Gunung Padang.
Hingga umur kami delapan belas tahun. Kami merayakannya bersama di atas muara. Di atas Jembatan Siti Nurbaya yang baru saja diresmikan. Aku memegang tangannya dengan erat. Boleh jadi, saat itu, aku dan dia telah resmi berpacaran, bersamaan dengan peresmian Jembatan Siti Nurbaya yang ramai dihadiri Gusti Randa, Him Damsyik serta Novia Kolopaking, bintang-bintang yang terkenal lewat sinetron legendaris itu. Tapi buatku, dialah bintang hatiku.
Tapi di atas jembatan yang menyatukan hatiku dengan hatinya itu, kami berpisah. Bapak mengirimku ke Bandung untuk melanjutkan studi. Aku kehilangan dia. Itu bagai kisah Siti Nurbaya yang makamnya sering kami ziarahi bersama saat hari Valentine.
Bapaknya hanya nelayan, yang tak pernah kembali setelah berhari-hari di laut lepas. Kapalnya pun tak pernah lagi merapat ke Pantai Padang. Kata orang, ombak perairan Mentawai yang kejam telah menelan kapal bapaknya hingga tak tersisa.
Dengan ransel di pundak, aku menghampiri sosoknya yang tengah berdiri di tengah jembatan Siti Nurbaya itu. Matanya jauh menatap ke lepas Pantai Padang. Menunggu bapaknya pulang. Kemeja putihnya tertembus sinar mentari, rok biru mudanya berkibaran ke sana ke mari. Ujung rambutnya yang terhempas angin menyapa wajahku kala mendekat.
“Tania, aku harus pergi.”
Dia tak menoleh.
“Bapak menyuruhku melanjutkan studi di Jawa.”
Sebuah kapal kayu besar merapat di kejauhan. Itu pelabuhan kecil, tempat kapal-kapal yang menuju Kepulauan Mentawai merapat, menurunkan barang dan membawa penumpang.
“Janjimu belum terpenuhi, kamu belum menemaniku mencari bapak ke Mentawai,” katanya tanpa menoleh.
“Aku mencintaimu, aku akan kembali.”
Tania diam. Matanya masih jauh memandang ke depan. Langit biru pantai Padang terlihat indah. Aku merapat ke sampingnya. Menatap wajahnya yang kuning langsat dan bersih memantulkan cahaya mentari.
“Suatu hari, bapak pergi, memelukku dengan erat dan tak pernah kembali,”ucapnya. “Sekarang pergilah, tanpa perlu memelukku,” lanjutnya. Kemudian membalikkan badan dan pergi berlalu.
Aku menatapnya berlari turun menyusuri jembatan itu.
***
Di atas jembatan itu, berdiri tiang-tiang lampu hias yang semestinya menyala dengan indah. Tapi malam itu, suasana sangat gelap, lampu-lampunya tak dialiri listrik. Muara itu sungguh tenang, tak ada angin. Kapal-kapal yang bersandar tampak diam dan mati. Kota itu masih seperti yang dulu. Hiburan malamnya hanya suara debur ombak yang berjatuhan.
Aku membuka pintu kaca yang mengarah ke balkon. Menghirup udara segar namun gerah. Dari balkon hotel Pangeran ini, aku bisa melihat beberapa lampu kelap-kelip di kejauhan. Kapal-kapal nelayan tengah mencari ikan di lautan lepas.
Aku hendak menyalakan rokok, ketika bel pintu berbunyi.
Seorang laki-laki berjaket kulit hitam berdiri di ambang pintu, seringai tertempel pada sudut bibirnya.
“Tuan mencari saya?”
Aku mengangguk.
“Sudah lama tak pulang ke Padang?”
“Hampir lima tahun,” jawabku.
“Tuan pasti membutuhkan hiburan malam yang menyegarkan, saya akan sediakan buat Tuan.”
Aku hanya tersenyum.
“Sebentar lagi dia datang Tuan.”
“Masuk dan tunggulah, saya mau mandi,” kataku kemudian seraya membalikkan badan dan menuju kamar mandi.
***
Setengah jam kemudian, dengan berbalut handuk putih hotel, aku melangkah keluar kamar mandi. Lelaki berjaket hitam tadi tak lagi kutemukan, pintu kaca ke arah balkon terbuka lebar. Aku melangkah keluar.
Sesosok perempuan bertubuh tinggi, dengan rambut tergerai tampak berdiri, asap mengepul dari balik kepalanya. Bau rokok putih menerpa wajahku.
“Indah ya?’ kataku basa basi. Tak ada jawaban. “Padang tak pernah berubah, masih seperti dulu.”
“Kota yang membosankan,” kata perempuan itu, tiba-tiba. Dia membalikkan badan. Dan kulihat wajah itu.
Tania.
***
Lima tahun lalu aku meninggalkannya di sini. Di atas Jembatan Siti Nurbaya yang berdiri dengan megah dan angkuh.
Kini aku berdiri bersamanya lagi. Kali ini mataku yang jauh menatap ke bibir muara Pantai Padang. Dia berdiri di sampingku dengan badan berlawanan arah denganku. Dia tak lagi menunggu bapaknya pulang.
“Kenapa Tania?”
“Kamu terlambat lima tahun.”
“Kenapa Tania?”
“Kembalilah ke Jawa, pergilah.”
“Aku sudah kembali, bisakah kita memulai lagi?”
“Kamu tuli ya sekarang? Kamu terlambat lima tahun!”
“Tania…”
“Dengar ya, aku sudah bercinta degan banyak orang, aku pernah aborsi sekali, nggak ada yang aku percaya di dunia ini kecuali diriku sendiri dan ibuku. Bapakku pergi dan tak pernah kembali, kamu pergi dan tak juga kembali. Sekarang, pergilah.”
“Aku minta maaf Tania, sekarang apa yang harus aku lakukan untuk memperbaiki semuanya?”
“Terserah mau melakukan apa, pindah kota, atau lompat sekalian dari jembatan ini!” ujarnya ketus. “Pergilah!”
Usai berkata, Tania berlalu, seperti dulu, dengan setengah berlari, ia menyusuri jembatan itu. Rambutnya tergerai angin dengan indahnya. Aku menatapnya dalam diam.
***
Aku membalikkan badan, memegang pagar beton jembatan itu dan menjadikannya tumpuan kedua tanganku. Perlahan, sekali jejak, aku berhasil berdiri di atas pagar jembatan itu. Mengangkat kedua tangan sejajar bahu, dan menatap jauh ke depan. Dalam hitungan ketiga, aku bersiap untuk melompat!
Haruskah aku mati, untuk Tania?
Menurutmu gimana? Masih ada banyak cewek cantik di Jawa. Aku nggak mau mati sekarang, dimakamkan di Gunung Padang, dan makamku di ziarahi oleh anak-anak muda pada saat Valentine datang.
Aku membalikkan badan, melompat turun dari pagar jembatan, dan berlari turun menyusuri jembatan ke arah yang berlawanan dengan arah lari Tania.
Kami benar-benar berpisah sekarang.
~
Dipetik dari cerpen “No Hero In Her Sky”, karya Fajar Nugros (sutradarakacangan.multipl
y.com), dalam novel “I Only Sleep With Supermodel, cerita pendek berkisah panjang”, penerbitan Penerbit Pustaka Anggrek (anggota Ikapi), Yogyajakarta, cetakan I, 2009, hal. 222-226.
CITOS yang semula riuh, mendadak hening. Wajah sang penjaga toko memasang mimik bingung.
“Gimana, bisa?”
“Berapa jumlah kue yang dipesan?” tanyanya, sekali lagi, meyakinkan.
Pufff…
Laki-laki di depannya membuang nafas pendek. “Saya ulang sekali lagi ya mas, saya mau pesen kue tart 15 buah, hari ini dan besok,” kata laki-laki itu.
“Oke.”
“Saya mau kirim kue itu ke 15 cewek berbeda, semua mantan-mantan saya, yang pernah saya sakiti hatinya.”
“Oke.”
“Kue tart tiramisu , tanpa embel-embel apapun di atasnya, karena saya akan mengantarkannya sendiri, seraya meminta maaf kepada mereka semua.”
“Baiklah.”
“Bisa nggak?”
“Berapa jumlahnya tadi?”
“LIMA BELAS!”
***
***bentar ya, nanti dilanjutin lagi…harus pergi…biar tukang kuenya memutuskan, bisa gak pesen 15 kue dalam sejam!hehe***
Laki-laki itu kembali lagi ke toko kue itu.
Penjaga tokonya tersenyum seraya mengangguk. Satu kue sudah disediakan di atas meja kaca.
“Baiklah kalau begitu, saya ambil satu-satu, lalu saya antar dan saya kembali lagi kemari ,” kata sang lelaki. Sang lelaki memeluk kue berbungkus kotak berwarna biru laut itu, sebuah pita emas melingkar dan membentuk kupu-kupu di atasnya.
Tujuan pertama, Amelia, rumahnya di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta.
***
Waktu itu sang lelaki baru saja merayakan ulang tahun yang ke tujuh belas. Sang ayah membelikannya mobil Suzuki Escudo berwarna biru langit, mobil kesukaannya. Tapi sang ibu memberikannya sebuah papan kayu jati yang sudah dipernis.
“Kayu jati?”
Sang ibu tersenyum pada anak lelakinya yang baru saja menginjak dewasa, tujuh belas tahun.
“Buat apa?” lanjut sang anak bertanya.
“Setelah hari ini, jika kamu jatuh suka pada seorang cewek, dan kemudian sengaja atau tidak sengaja kamu melukai hatinya, tancapkan sebuah paku di papan kayu jati ini,”kata sang ibu kemudian.
“Buat apa?” tanya sang anak laki-laki. Sang ibu tersenyum manis sekali, mungkin karena senyumnya itulah, sang ayah jatuh cinta dan menikahi ibunya.
“Ibu akan mengatakannya nanti, saat engkau telah menemukan jodohmu, dan akan menikahinya.”
***
***CUT! Sorry harus cabut lagi, hehe.***
Laki-laki itu kembali lagi ke toko kue di lantai dua CITOS itu. Mukanya muram ketika sampai di bibir etalase kaca. Lelaki pelayan toko kue menyambutnya seraya tersenyum.
“Gimana mas?”
Sang lelaki tersenyum tipis, hampir seperti menyeringai, nafasnya berat.
“Tiramisu pertama tadi, mampir di wajah saya.”
“Maksudnya?” tanya sang penjaga toko kue.
“Saya ke rumahnya, saya beri kuenya, dan kuenya langsung dilempar ke wajah saya!”
“Hahahaha…ups!” sang penjaga toko buru-buru menutup mulutnya untuk menahan ketawanya sendiri.
Sang lelaki buru-buru menyambar kotak kue kedua dan membawanya berlalu.
***
***Maaf, sekali lagi, saya harus berhenti menuliskan ceritanya.***
Kue tart kedua selesai dikirim.
Laki-laki itu memesan Nestea dingin, tapi si penjaga toko memberinya gratis. Bayangkan saja, 250 ribu untuk satu tart Tiramisu dikali lima belas buah, bonus segelas Nestea dingin tentu tak berarti apapun kan?
“Gimana tart kedua?”
“Kali ini, diterima dengan baik.”
“Pacar kedua tampaknya cewek yang lebih bijaksana ya?”
“Begitu ya?”
“Buktinya mau memaafkan, kan memaafkan itu berat ya, nggak semua orang bisa memaafkan, kan ada syair lagunya; I forgot to remember to forgive you…”
“Emang syairnya siapa tuh? Emang artinya itu ya?”
“Yah, saya ini kan cuma penjaga toko kue, bahasa Inggris ya lewat lah mas.”
***
Kue tart ketiga telah siap. Sang lelaki mematikan rokok kreteknya, menenggak sisa Nestea di gelas dan berganjak dari tempatnya duduk. Kue tart ketiga akan diberikan pada Shinta, mantan pacar ketiganya, yang dia kecewakan. Shinta dia tinggal begitu saja untuk mendapatkan pacar keempatnya Dewi. Dewi dia tinggal begitu saja setelah mendapatkan pacar kelimanya, Sheila.
***
“Semuanya ditinggal begitu saja? Tanpa say good-bye?”
Sang lelaki mengangguk. “Saya nggak bisa mengucapkan kata berpisah,” jawab sang lelaki. “Dari kecil, saya selalu dipeluk oleh ibu, dan karena itu, saya nggak bisa hidup tanpa sebuah pelukan, seperti pelukan ibu.”
“Oh,” desah sang penjaga toko kue. “Mau Nestea lagi?”
Sang lelaki tak mengangguk dan tak menggeleng. Tapi sang penjaga toko melesat mengambil gelas dan mengisinya dengan Nestea.
Sang lelaki meneguk Nestea yang tersedia,
“Sampai mana tadi?”
“Soal ibu,” jawab sang penjaga toko cepat.
“Iya, ibu saya,” jawab sang lelaki. “Saya sangat mencintai ibu saya,” lanjutnya. “Ibu saya bilang, perpisahan itu sebenarnya adalah latihan bagi kita, agar saat perpisahan yang sesungguhnya datang, yaitu kematian, kita telah siap.”
“Eh, kue ke tujuh sudah siap!” seru sang penjaga toko, ketika tiba-tiba mendengar kisah sang lelaki menjurus pada topic kematian.
***
***sekarang saya harus berhenti lagi, nanti dilanjutkan lagi.***
“Sampai mana tadi?”
“Pacar ke Sembilan.”
“Baiklah, namanya Moana.”
“Wow,”
“Kenapa?”
“Namanya keren.”
“Memang begitulah, mereka yang lahir setelah ditemukannya AC dan spring bed memang biasanya memiliki nama-nama yang keren.”
“Apakah dia secantik namanya?”
“Tentu saja,” jawab sang lelaki, “Tapi nama tidak menjamin pelukannya hangat.”
“Jadi hanya karena itu?”
Sang lelaki mengangguk.
“Cuma karena pelukan?”
“Tapi bukan sekedar pelukan ya.”
“Pelukan seperti apa?”
“Sehangat dan senyaman pelukan ibu.”
***
“Itu ibuku.”
Sang pacar tersenyum.
“Dia cantik bukan?”
“Sudah berapa cewek yang kamu perkenalkan pada ibumu?”
“Baru kamu.”
“Gombal jaya!” teriak sang cewek serawa mencubit pinggang lelakinya.
“Eh, beneran, hanya cewek yang akan aku nikahi yang aku kenalin pada ibuku.”
Wajah sang pacar terperangah, “Jadi dari lima belas mantan pacar kamu, baru aku yang kamu kenalin ke ibumu?”
Sang lelaki mengangguk mantap. “Karena aku menjaga hati ibuku dengan baik, dan aku rasa, kamu cukup pantas untuk aku perkenalkan pada ibuku,” ujar sang lelaki. “Hidup ibuku sudah cukup berat, biarlah dia menikmati hari tuanya dengan bahagia, jangan sampai pusing memikirkan kehidupan anak muda yang semakin absurd! Hehehe.”
***
“Masih ada berapa kue?”
“Sisa tujuh kue lagi.”
“Masih banyak juga ya,” tanya sang lelaki. Si penjaga toko kue mengangguk.
“Masih mau Nestea lagi?”
Kali ini sang lelaki mengangguk.
“Kira-kira, dari sisa tujuh cewek lagi, ada nggak yang bakal melempar kue ke wajahmu lagi mas, seperti cewek pertama?”
“Hmm, ada nggak ya?” sang lelaki menerawang. Kemungkinan selalu terbuka bukan?
“Tujuh ya mungkin saja ya mas,” simpul sang penjaga toko roti.
“Tapi saya kira nggak, karena sisa tujuh lagi seingatku, merekalah yang meninggalkanku.”
“Hah, masnya ditinggalin?”
Sang lelaki mengangguk.
“Karena aku selalu selingkuh dan membiarkan mereka hidup sendiri.”
“Wajar.”
***
Ibu memelukku, dan seperti biasa, tiba-tiba menjalar di tubuhku rasa hangat yang menyeruak. Lalu dia tersenyum, menatap mataku dan mencium pipiku.
“Kamu yakin akn menikahi dia?”
Sang lelaki mengangguk mantap. “Setelah semua pencarian yang memakan banyak korban itu, aku memilih dia.”
“Siapa namanya?”
“Karina.”
Sang ibu tersenyum. “Ibu terserah pada pilihanmu, kamu sudah besar.”
Sang anak kembali memeluk ibunya.
“Kamu masih menyimpan papan kayu jati kado ulang tahun ke tujuh belasmu tempo hari kan?”
Sang anak mengangguk.
“Kamu melakuka apa yang ibu minta kala itu?”
Sang anak lelaki mengeluarkan papan itu dari tas Oakley yang biasa dipakainya untuk menyimpan macbook hitamnya, papan itu terbungkus kain hitam, ada tonjolan paku di salah satu permukaannya. Setelah dibuka, ada 15 paku kecil tertancap di sana.
“Copot pakunya satu demi satu,” pinta sang ibu. Paku itu lepas satu demi satu , dengan susah payah.
Muka papan itu kini bersih dari paku.
“Kamu lihat?” tanya sang ibu.
“Iya ibu, aku lihat.”
***
***saya lapar, mau masak indomie dulu***
“Kamu masih suka makan indomie?”
Laki-laki itu mengangguk.
“Nanti kalau sudah menikah, istrimu pasti akan memasak tiap hari dan kamu nggak perlu lagi makan indomie.”
“Jadi papan jati itu gimana bu?”
Sang ibu tersenyum.
***
Papan itu adalah hatimu.
Paku-paku itu adalah setiap kesalahan yang kamu buat.
Dan ketika kamu meminta maaf, anggap perbuatanmu telah di maafkan. Cabutlah paku-paku itu.
Semua selesai?
Tidak.
Lihatlah papan itu.
Bekas paku menyisakan lubang yang dalam.
Itu luka.
Dan bagaimana pun caramu meminta maaf, menutupi papan itu dengan cat atau pernis baru, papan itu masih berlubang. Luka itu tak akan pernah sembuh.
***
“Lalu apa gunanya mas mengirim kue-kue itu?”
“Iya ya? Apa gunanya?” jawab sang lelaki. “Ya untuk meminta maaf pada mereka semua sebelum aku menikah.”
“Tapi toh tetap saja tak akan sembuh, walau termaafkan,” kilah sang penjaga toko kue. “Jadi kalau mau nikah, ya nikah aja mas.”
Sang lelaki terdiam.
“Kalau begitu,” kata sang lelaki kemudian. Sambil menenggak Nestea yang tersisa, “Batalkan saja sisa kue tartnya ya.” Usai berkata begitu, sang lelaki bangkit, dan berlalu keluar toko kue.
Sang pelayan terbengong-bengong. Batal deh menangguk untung.
Sial!
***
Selesai.
Sekarang, boleh saya menelepon pacar ke enam belas?
***
Sang penjaga toko kue lupa berapa lama dia terbengong. Sadar kembali datang setelah matanya menangkap sosok seorang cewek berdiri dihadapannya.
“Saya ingin memesan kue tart.”
“Saya punya tart Tiramisu.”
“Tiramisu?” jawab sang cewek. “Saya butuh satu kue tart, untuk saya berikan kepada seorang ibu, sebagai pertanda maaf.”
“Nah!” seru sang penjaga toko. “Tiramisu tepat untuk itu.”
“Benarkah?”
“Maaf untuk pacar, maaf untuk orang tua,” terang sang penjaga toko kue itu. “Emang mbak mau pakai sebagai maaf untuk apa?”
Sang cewek memandang ragu.
“Ucapan maaf kepada sang ibu, karena saya hendak membatalkan rencana menikah dengan anak laki-lakinya.”
~
Fajar Nugros JKT 23-24/04/2008
(ditulis si DAP Studio Bangka Raya, McD Kemang, Sinemart Kedoya, UIN Syarief Hidayatullah, Lenteng Agung)
Dipetik dari cerpen “Laki-laki Dengan Banyak Luka di Hati”, karya Fajar Nugros (sutradarakacangan.multipl
y.com), dalam novel “I Only Sleep With Supermodel, cerita pendek berkisah panjang”, penerbitan Penerbit Pustaka Anggrek (anggota Ikapi), Yogyajakarta, cetakan I, 2009, hal. 227-236.